Friendship and Brotherhood, Ajang Pameran dan Kontes Reptil Nasional

21.51.00 Moch Ristra Mahardinata 0 Comments


Ngomongin soal hobi, selain hobi saya jalan-jalan wisata alam, hobi saya yang lain termasuk hobi yang agak ‘nyeleneh’ atau bahkan dibilang aneh sama temen sekelas yaitu pelihara reptil. Reptil sendiri termasuk dalam kingdom animalia vertebrata dan dalam kelas reptilia (bahasa biologi haha). Yap entah kenapa saya lebih suka pelihara reptil daripada mamalia lain seperti kucing atau kambing. Dikala banyak orang berpikir bahwa reptil itu menakutkan, menjijikkan atau apa lah pokoknya hal-hal negatif banyak disematkan untuk reptil. Untuk reptil sendiri saya lebih suka dengan reptil berkaki khususnya Leopard Gecko alias Tokek Warna Padang Gurun, cari aja di google gambarnya banyak banget. Untuk reptil melata sorry saya agak geli kalo waktu megang dan gak dibolehin orang rumah untuk pelihara jadi gak pelihara reptil melata.

logo FnB
Kondisi Pameran
Di Indonesia sekarang lagi rame orang pelihara reptil, mungkin karena reptil adalah peliharaan anti mainstream. Dan bisa dibilang reptil ini adalah hobi mahal. Seekor reptil bisa seharga puluhan ribu hingga puluhan juta. Bayangin ya PULUHAN JUTA !!! bisa buat beli sapi lebih dari seekor dan bisa beli motor buat jadi sopir gojek wkwk
Stan Leopard Gecko
Baby Green Iguana
Kura air lupa namanya wkwk
salah satu jenis ular
Back to reptil, dunia pe-reptil-an Indonesia ini selalu ramai dengan banyaknya pameran dan kontes yang bertaraf regional maupun nasional. Dengan adanya pameran ini tentu akan mengenalkan semakin luas tentang reptil ke masyarakat yang masih awam dengan reptil, dan dengan adanya kontes ini akan membuat para reptilers Indonesia berusaha merawat dan mencoba mengembang biakkan reptil dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya. Kebetulan biasanya di bulan September merupakan ajang pameran dan kontes dengan nama Friendship and Brotherhood yang rutin diadakan setiap tahun di kota Surabaya tepatnya di Mall Ciputra World dan ini merupakan ajang pameran dan kontes tingkat nasional dimana menjadi media pertemuan atau kopdar para reptilers Indonesia.
Ular Berbisa nih
Kura darat Indiana Star
Ball Python Albino
Dalam acara ini pameran diselenggarakan sekitar 2 minggu di Mall Ciputra World Surabaya. Disini banyak dipamerkan dan dijual reptil-reptil yang sangat bervariasi. Mulai dari ular, iguana, leopard gecko, kura-kura, tarantula dan reptil-reptil lain yang jarang dijumpai di Indonesia. Untuk harga bervariasi tergantung jenis , mulai harga puluhan ribu hingga puluhan juta. Seperti contohnya adalah Iguana Albino ini yang harga pasarannya di Indonesia masih diatas 20 juta. Iyaaa dua puluh juta bayangin bisa dibuat beli motor sport atau ke kampus naik iguana aja ya wkwkwk.
Iguana Albino yang mahaalll
Red Iguana
Kura darat Sulcata
Biasanya di 2 hari terakhir event ini akan diadakan Kontes Reptil. Disini reptil-reptil akan dinilai dari segi morph atau warna dan pola di tubuhnya, kesehatan dan juga temperamen reptil tersebut. Jadi pastinya reptil yang diikutkan merupakan reptil pilihan dengan warna atau pola yang menakjubkan dan bahkan untuk reptil yang terkenal liar dan ganas disini sudah seperti seekor anjing yang biasa diajak jalan-jalan saking jinaknya haha
Salamander Air
Entah Kadal Apaan Nih
Red Tegu Hewan Asli Benua Amerika Selatan
Kontes ini terdiri dari beragam kelas sesuai ketentuan panitia acara dan memperebutkan trophy + Sertifikat + uang pembinaan. Tentu saja reptil yang mendapatkan gelar juara jika dijual harganya bisa saja cukup tinggi karena memang reptil tersebut secara kualitas lebih baik dari reptil lain di kelasnya. Untuk dokumentasi saat kontes kebetulan saya gabisa jadi gak ada fotonya, maafkan ya. Cukup foto dibawah ini dokumentasi lomba leopard gecko.
Kontes Leopard Gecko
Semoga dengan banyaknya pameran dan kontes reptil ini dapat mengenalkan reptil ke masyarakat lebih luas dan membuat para reptilers menghasilkan reptil-reptil berkualitas tanpa menangkap di alam liar.

You Might Also Like

0 komentar: