Masjid Agung An-Nur Kota Batu, Masjid Ramah Wisatawan

15.49.00 Moch Ristra Mahardinata 0 Comments


saat kita berkunjung ke sebuah kota pastinya kita mengunjungi alun-alun kota untuk sekedar berwisata atau ingin melihat tempat yang biasanya dijadikan pusat tempat berkumpulnya warga kota. yap itulah yang saya lakukan ketika mengunjungi kota Batu yang merupakan salah satu kota wisata yang ada di Jawa Timur dan banyak sekali tempat wisata yang disuguhkan oleh dataran tinggi ini. Yang pasti tidak akan lengkap jika anda ke Kota Batu tanpa mampir ke Alun-alun kota menikmati hawa sejuk dan berbagai jajanan khas yang ada disana.

Eksterior Gedung Masjid
Dari alun-alun akan kelihatan sebuah masjid cantik dengan gerbang depan terdapat dua buah menara sehingga membuat masjid ini terlihat mencolok. Yap masjid ini adalah Masjid Agung An-Nur yang merupakan kebanggan warga kota Batu. Sejarahnya masjid ini dibangun pada era penjajahan Belanda sekitar tahun 1920 di atas tanah wakaf seorang warga. Masjid ini telah beberapa kali melalui tahap renovasi hingga terakhir tahun 2008 dan diresmikan oleh Walikota Batu saat itu. 

Masjid dari Alun-alun
Masjid Tampak Depan
Interior Gedung Masjid
Terletak di seberang alun-alun kota tentu membuat masjid ini selalu di hampiri para wisatawan yang ingin sholat atau sekedar istirahat. Arsitektur masjid ini cukup cantik dengan akses lengkungan di beberapa bagian. Kombinasi warna hijau, kuning dan krem yang membuat masjid ini terlihat terang dan warna dominan krem dan merah di bagian dalam masjid untuk sholat. Waktu mampir kemarin sepertinya masih ada pengerjaan untuk bagian tingkat atas masjid agar dapat menampung lebih banyak jamaah sholat. Tempat wudlunya ada dibagian bawah jadi setelah lepas sandal/sepatu kita harus turun kebawah dan airnya sesuai dengan jenis air di dataran tinggi alias dingiiiinnnnnn.

Bagian dalam Masjid
Bagian dalam Masjid
Fasilitas
Kata orang-orang di masjid ini terdapat fasilitas rest area dan juga pemandian air hangat, tapi saya dengan kunjungan kesekian kalinya baru tahu jika ada fasilitas tersebut. Maklum lah karena setiap ke kota Batu selalu dan hanya sekedar mampir sholat di masjid ini. Dan biasanya parkir di alun-alun lalu jalan kaki ke masjid ini. Mungkin fasilitas tersebut ada di bagian masjid sisi lainnya dan saya hanya masuk di bagian selatan masjid yang dekat dengan parkir motor. Untuk kunjungan selanjutnya ke masjid ini akan saya cari dan saya manfaatkan fasilitas tersebut dan pastinya update lagi di blog ini haha

Parkir motor
Teras Masjid




You Might Also Like

0 komentar: