Taman Pelangi Surabaya, Penyambut di Perbatasan Surabaya

14.36.00 Moch Ristra Mahardinata 0 Comments


Postingan kali ini tentang Taman Pelangi Surabaya. Gara-gara selesai pulang kuliah dan bingung mau ngapain di rumah, akhirnya mampir main ke taman pelangi ini karena setiap berangkat atau pulang kuliah selalu lewat taman ini. Sekitar jam 7 malam mampir ke taman ini dan memang kebetulan banget lagi bawa kamera.
Taman Pelangi Dari Atas
Taman Pelangi ini berlokasi di tengah jalan raya padat dengan desain unik dan memiliki ciri khas sendiri di tengah tamannya. Ya memang tidak sebesar dan seramai taman lain seperti Taman Bungkul tapi taman ini cukup patut untuk dikunjungi. Disebut taman pelangi karena ketika malam taman yang memiliki monumen dengan struktur layout berbentuk rangkaian batang dalam pola lengkung dan bercahaya warna warni. Taman pelangi ini juga berfungsi sebagai ruang hijau di kota metropolitan seperti Surabaya.

Akses
Untuk menuju taman ini sangat banyak akses transportasinya. Lokasi yang berada di jalan raya Ahmad Yani yang merupakan jalan utama penghubung surabaya dengan luar kota sehingga taman ini seperti taman penyambut bagi yang datang ke Surabaya dan taman pelepas bagi yang keluar dari Surabaya. Akses transportasi bisa menggunakan bus kota atau angkot dengan jurusan sidoarjo atau terminal Bungurasih. Tinggal tanya aja apakah lewat kantor BULOG (DOLOG) karena taman ini berada di seberang kantor tersebut. Naik motor pun bisa yang jelas melewati jl Ahmad Yani menuju arah Sidoarjo, lalu di sebelah taman pelangi ini putar balik karena untuk tempat parkir hanya di sisi barat atau diseberang kantor Bulog tadi. Kalo saya sih naik motor karena dari rumah menuju taman ini cuma sekitar 10 menit paling lama kalo sedang macet wkwkwk

Google Map

Fasilitas
Seperti ruang publik pada umumnya yang pasti terdapat tempat parkir. Di taman ini tempat parkirnya tidak terlalu luas mungkin hanya mampu menampung sekitar beberapa puluh motor dan beberapa mobil. Untuk biaya parkir seperti umumnya yaitu cuma 3ribu rupiah. Lanjut ke tempat yang wajib dibuat foto yaitu monumen yang menjadi ikon dari taman pelangi ini. Saat siang hari hanya berwarna putih tapi kalo anda kesini malam hari monumen ini berwarna seperti pelangi yang berasal dari lampu yang berubah ubah warnanya.
Ikon Taman Pelangi
Ikon Taman Pelangi
Dari Sudut Lain
Untuk bunga di tamannya sendiri ada banyak beragam macam mulai bunga jenis semak yang rendah sampai pohon yang cukup rimbun menutup sisi tengah taman ini. Cuma karena saya kesini malam hari jadi gak bisa foto warna bunga yang ada disini. Untuk jalan setapak dan kondisi taman ini bisa dibilang cukup bersih bebas dari sampah. Mungkin hanya ada beberapa daun yang jatuh yang belum di ambil oleh pihak kebersihan. Tempat sampah yang disediakan juga cukup banyak yang tersebar di beberapa sudut taman.
Bunga Taman Pelangi
Jalan Setapak
Tempat Sampah Salah Satu Sudut
Di tengah taman juga terdapat ruang kosong yang cukup luas yang bisa dipakai tempat kumpul atau ‘cangkrukan’. Tenang aja di taman ini diberikan penerangan yang cukup dan ada pihak keamanan yang siap siaga berjaga dan berkeliling. Fasilitas penunjang lain adalah terdapat kantor pengurus taman dan toilet jadi tidak usah bingung kalo sedang kebelet wkwk.
Jalan Setapak yang Bersih
Ruang Kosong Tengah Taman
Toilet Taman
Selain itu beberapa hal yang membuat taman ini nyaman adalah tidak adanya penjual di dalam taman jadi tidak perlu terganggu oleh penjual yang menawarkan dagangan. Waktu kesini hanya ada satu penjual minuman itupun di area parkir. Dan satu hal lagi yaitu taman ini terletak di tengah jalan yang padat lalu lintas jadi harap sabar kalo mendengar suara klakson yang cukup berisik saat macet haha.
Tanda Dilarang Memetik Bunga
Terowongan Bunga
Kesimpulan
yang dari luar kota atau akan menuju luar kota dan melalui Jl Ahmad Yani bisa menyempatkan diri untuk mampir ke Taman Pelangi ini sebagai salah satu taman kota di kota Surabaya. 

You Might Also Like

0 komentar: