Taman Sakura Keputih Surabaya, Taman Pinggiran Surabaya Timur

08.46.00 Moch Ristra Mahardinata 0 Comments


Hari jumat siang kemarin seharusnya ada jadwal kuliah di kampus, tapi ternyata dosennya gak bisa ngajar alhasil kuliah pun kosong. Gara-gara temen gak tau harus ngapain di kost-an akhirnya saya ajak main ke Taman Sakura yang notabene deket banget sama kampus apalagi sama kost-an temen saya ini. Saking dekatnya sampai semua anak di kelas belum pernah ada yang kesini wkwk
Taman Hutan Kota
Taman Sakura Keputih ini terletak di wilayah kecamatan Keputih Surabaya Timur. Lokasinya dulu merupakan tempat pembuangan sampah yang kini disulap oleh walikota Bu Tri Risma menjadi taman kota yang menghijaukan kota Surabaya. Taman ini baru saja dibuat dan lokasi yang di pinggiran kota Surabaya sehingga belum terlalu ramai dikunjungi orang tidak seperti taman lain seperti Taman Bungkul yang terletak di tengah kota. Mungkin yang kesini hanya masyarakat sekitar sini atau mahasiswa yang hanya ingin bersantai seperti saya hahaha
Jalan Setapak Taman
Bagian Lain Taman
Akses
Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi. Anda tinggal menuju daerah kampus ITS kemudian melalui jalan Arif Rahman Hakim terus kearah timur menuju jalan keputih. Dari jalan Keputih masih lurus ke timur sampai ada jalan belokan dengan palang tulisan Puskesmas Keputih atau tulisan Teminal keputih lalu belok kanan mengikuti jalan. Kemudian tidak jauh setelah belok tadi di sebelah kiri jalan akan ada jalan di antara Puskesmas dan Terminal lalu masuk ke jalan tersebut. Setelah masuk jalan ini akan terlihat pemandangan pohon bambu di kanan kiri jalan. Di sini terdapat wisata Taman Hutan Bambu dan di sebelah kanan adalah lokasi Taman Sakura Keputih.
Jalan Menuju Taman
Kalo menggunakan angkutan kota / lyn bisa menggunakan lyn O dengan rute dibawah ini

Jembatan Merah – Universitas Hang Tuah – Keputih Berangkat : Jembatan Merah – Veteran – Pahlawan – Pasar Besar – Peneleh – Makam Peneleh – Undaan Kulon – Kalianyar – Ngaglik – Krampung – Karangan – Bronggalan – Tambang Boyo – Karang Menjangan –RS.Dr. Soetomo – Dharmahusada – Kertajaya Indah – Manyar Kertoadi – Gebang Putih – Arif Rahman Hakim – Keputih. Kembali : Keputih – Arif Rahman Hakim – Gebang Putih – Manyar Kertoadi – Kertajaya Indah – Dharmahusada – Karang Menjangan – RS. Dr. Soetomo – Kedung Sroko – Pacar Keling – Kalasan – Jolotundo – Bronggalan – Krampung – Tambaksari – Ambengan – Kusuma Bangsa – Kalianyar – Jagalan – Pasae Besar – Bubutan – Indrapura – Rajawali – JMP.

Google Map

Fasilitas
Di taman sakura ini terdapat tempat parkir yang saat saya kesana bayarnya Rp 3000,-. Dari palang di taman sepertinya taman ini adalah hasil kerjasama antara Pemkot Surabaya dengan salah satu bank swasta. Di bagian depan terdapat taman bunga yang cukup lebat dengan berbagai jenis bunga yang dikelompokkan menurut jenisnya masing-masing. Tapi ketika saya kesini tidak ada bunga sakura atau mungkin hanya nama tamannya yang sakura, hmm entahlah. Kebun pembibitan juga terdapat di bagian depan taman. Taman ini cukup luas dibandingkan taman kota lain di Surabaya yang jumlahnya lumayan banyak. Untuk pengunjung yang ingin ke toilet ada di bagian depan taman yang dekat dengan pos keamanan.
Palang Tulisan
Kebun Bunga
Kebun Bunga
Kebun Bunga
Lanjut ke bagian tengah disini terdapat Plaza air mancur yang sepertinya menjadi ikon dari taman ini tapi sayang ketika saya kesana airnya gak keluar. Semakin ke belakang kebun bunganya semakin sedikit jadi terlihat sedikit lebih gersang, mungkin masih dalam tahap pengembangan. Di bagian belakang ini terdapat semacam tugu yang dipasang jam dinding. Taman Sakura Keputih ini juga memiliki taman bermain untuk anak jadi yang bawa anak kecil tidak perlu repot cari taman bermain lagi. Untuk yang pengen melakukan refleksi kaki, di samping jalan setapak taman ini juga terdapat kerikil-kerikil kecil yang ditata sedemikian rupa yang bisa digunakan untuk refleksi kaki.
Plaza Air Mancur
Bunga yang Belum Tumbuh
Tugu Taman
Taman Bermain
Kesimpulan
Kalo pengen mengunjungi Taman Sakura Keputih ini sebaiknya jangan siang hari karena taman ini mayoritas ditanami tanaman yang rendah sehingga cukup panas tersengat matahari langsung buat pengunjung taman ini. Dan apabila anda ingin wisata murah di Surabaya Timur silahkan main ke Taman Sakura Keputih ini yang cuma bayar parkir dan buat beli bensin aja.

You Might Also Like

0 komentar: