Camera FV-5, Cara Mudah Membuat Light Painting Dengan Smartphone Android

10.42.00 Moch Ristra Mahardinata 0 Comments


Beberapa waktu lalu saya sempat upload foto light painting dari sebuah taman di Surabaya tepatnya di Taman Pelangi. Teman saya bertanya apakah hasil jepretan tersebut pake smartphone atau kamera DSLR dan tentunya saya jawab pake kamera DSLR. Dari pertanyaan teman saya tadi saya iseng-iseng cari cara membuat light painting pake smartphone android. Oh ya sekedar pengenalan buat yang belum tahu apa itu light painting, light painting ini merupakan salah satu teknik fotografi untuk melukis cahaya dengan teknik long exposure untuk menangkap cahaya sebagai objeknya. Jadi kita bisa membuat berbagai pola dengan sumber cahaya dan nanti akan ditangkap oleh kamera menjadi sebuah foto. Untuk kamera DSLR biasanya terdapat pengaturan untuk shutter speednya tapi untuk smartphone dengan software kamera bawaan sebagian besar tidak menyediakan fitur pengaturan shutter speed.

Persiapan
Untuk mencoba membuat light painting ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan :
  1. -> Pikirkan pola cahaya yang akan dibuat
  2. -> Take foto saat malam hari atau di tempat yang minim cahaya agar cahaya untuk pola light painting bisa terlihat jelas tanpa ada gangguan dari sumber lain
  3. -> Sumber cahaya bisa menggunakan senter, LED atau sumber cahaya lainnya yang bisa digerakkan dengan bebas. Atau bisa juga tempat yang cukup sering dilalui sumber cahaya misalkan jalan raya.
  4. -> Smartphone android yang ada kameranya ya.
  5. -> Tripod untuk kestabilan kamera karena kalo goyang dikit saat proses take foto, hasilnya akan blur tidak jelas.
  6. -> Aplikasi Camera FV-5 yang bisa download di Play Store. Ada dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Cukup download yang free saja untuk latihan awal.

Cara membuat light painting dengan smartphone android :
  1. -> Tahap pertama adalah berdoa agar diberi kelancaran
  2. -> Buka aplikasi Camera FV-5 kemudian setting shutter speed di Custom. Atur setidaknya 20 detik atau tergantung kebutuhan berapa lama kamera harus menangkap cahaya, untuk percobaan saya ini WB dan ISO dalam mode auto.
  3. -> Setelah setting aplikasi dilakukan dan kamera dirakit dengan tripod, tekan tombol shutter kamera untuk mulai mengambil gambar. Disinilah kreasi anda membuat pola cahaya dibutuhkan.
  4. -> Lihat hasilnya, apabila kurang memuaskan silahkan gambar pola lagi dan atur WB dan ISO agar hasil lebih maksimal
Aplikasi Camera FV-5
Setting Shutter Speed Manual
Setting 20 Detik
Hasil Foto di Jalan Tol
Hasil Foto dengan Senter Smartphone


Tutorial diatas adalah panduan singkat cara membuat light painting menggunakan smartphone android. memang dari segi hasil tidak seperti kamera DSLR tapi untuk coba-coba menggunakan smartphone android ini cukup bagus (tergantung kameraman juga sih haha). Terimakasih kepada teman saya karena sempat bertanya hal seperti ini, akhirnya saya cari caranya dan bisa share disini.

You Might Also Like

0 komentar: