Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya, Rimbunnya Hutan Bakau

10.32.00 Moch Ristra Mahardinata 0 Comments


Semenjak jadi mahasiswa tingkat akhir, sering banget ditinggal dosen gak masuk entah keluar kota atau apa alasannya. Yang penting jadi manusia harus tetap produktif kan hehehe. Berhubung dapat informasi kalo dosennya gak masuk akhirnya langsung browsing nih mau main ke tempat mana di Surabaya dan pilihan jatuh ke Hutan Mangrove Wonorejo ini. Kalo ditanya alasan kenapa milih nih tempat, jawabannya simple yaitu karena searah kalo mau pulang dari kampus karena saya main kesana waktu sore hari sekitar pukul 15.30.

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya
Hutan Mangrove ini merupakan salah satu bukti nyata dari Pemerintah Kota Surabaya dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Pohon mangrove sendiri juga berfungsi untuk mengurangi abrasi yang terjadi di Pantai Timur Surabaya. Kawasan ini juga sering dijadikan berbagai lembaga untuk sarana pendidikan dalam hal menjaga kelestarian lingkungan pantai dan area hutannya kurang lebih 200 hektar. Jadi punya banyak fungsi nih hutan selain buat wisata aja.

Hutan Mangrove Wonorejo
Akses
Hutan Mangrove ini terletak di sebelah timur Surabaya tepatnya di Jl Raya Wonorejo no 1, Rungkut, Surabaya. Lumayan dekat kalo dari Bandara Juanda melewati Tol Waru. Bisa juga lewat jalan depan Kampus STIKOM MERR tinggal lurus terus kearah timur. Di pinggir jalan juga terlihat plang/rambu yang mengarahkan menuju lokasi. Jalanan memang gak sepenuhnya aspal, masih harus lewat jalan perkampungan warga tapi yang jelas cukup nyaman buat motor bebek kayak punya saya haha

Google Map

Fasilitas
Start awal dari parkiran nih untuk parkiran bisa dibilang luas bisa muat banyak mobil dan untuk motor bayar Rp 3.000,-. Berhubung karena hari kerja dan sore hari maka parkirannya sepi banget Cuma terdapat beberapa motor dan mobil. Setelah dari parkiran lanjut jalan ke hutan mangrovenya dan disambut dengan pendopo yang cukup besar. Pendopo ini bisa digunakan sebagai tempat kumpul atau sekedar istirahat sebelum atau sesudah main ke hutan mangrovenya. Di sekitar pendopo ini juga terdapat toilet dan musholla, dan terdapat taman bermain untuk anak-anak. Di sebelah kanan pendopo juga terdapat tempat pembibitan pohon mangrove. Kemudian masuk ke hutan kita akan melewati jembatan yang dibuat dari kayu. Di bawah kanan dan kiri merupakan lahan hutan bakau. Tenang saja jembatan ini konstruksinya kuat jadi aman asal anda tidak ceroboh. Di sepanjang jembatan tidak saya temui sampah berserakan dan pengelola juga menyediakan tempat sampah di pinggiran jembatan. Disini juga terdapat rumah kayu yang bisa digunakan sebagai salah satu spot foto.

Pendopo
Taman Bermain
Rumah Kayu
Lanjut semakin kedalam disini ada dermaga dan perahu yang digunakan untuk menuju kawasan konservasi yang lebih jauh dan hanya bisa di tempuh menggunakan perahu ini, sayangnya waktu saya kesana sedang tidak beroperasi. Dapat informasi untuk tiket dewasa Rp 25.000 dan anak-anak Rp 15.000 dan hanya beroperasi hari sabtu dan minggu. Info dari google sih kawasan konservasi tersebut lebih bagus pemandangannya dan kawasan hutannya masih asli. Selain sebagai kawasan konservasi hutan bakau, kawasan ini juga digunakan sebagai sarana edukasi. Terlihat dari papan informasi yang berisikan daftar tumbuhan bakau dan burung yang terdapat di kawasan ini. Jadi yang bawa anak kecil atau bahkan orang dewasa kayak saya sekalipun dapat wawasan tambahan, biar gak cuma foto-foto aja nih.  
Perahu untuk menyeberang
Informasi Jenis Burng
Jembatan kayu
Buat yang datang dan main kesini tidak usah bingung ketika lapar karena dalam kawasan hutan mangrove juga terdapat komplek kantin/pujasera yang menjual berbagai makanan yang disediakan pengelola. Tinggal pilih tuh pengen makan apaan, yang penting jangan makan hati wkwkwk. Karena saya kesininya sore pake banget, akhirnya belum bisa keliling semua karena keburu tutup. tempat ini buka dari jam 08.00-18.00 dan untuk wisata menggunakan perahu untuk menyeberang hanya hari sabtu-minggu.
Pujasera
Senja di hutan mangrove
Kesimpulan
Jika ingin wisata alam di Surabaya dan gak perlu keluar kota, Hutan Mangrove merupakan pilihan tepat. Selain bisa sebagai tempat refreshing bisa juga sebagai sarana edukasi tentang pentingnya hutan mangrove untuk kelestarian lingkungan.


You Might Also Like

0 komentar: